Kamis, 28 April 2011

Facebook Saingi Groupon

Jakarta - Facebook mulai menawarkan layanan terbarunya, Deals, bagi para pengguna di lima kota di Amerika Serikat (AS). Layanan yang disebut-sebut akan menyaingi Groupon itu menyajikan berbagai penawaran menarik mulai dari mencicipi produk wine hingga tiket konser.

Deals yang memungkinkan pengguna melakukan pembelian secara langsung, juga memberikan potongan harga atau hak istimewa untuk produk atau jasa yang dijual secara terbatas. Lima kota yang bisa merasakan layanan ini adalah San Francisco, Austin, Dallas, Atlanta dan San Diego.

Dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Kamis (28/4/2011), hadirnya layanan baru ini, menjadikan Facebook sebagai perusahaan berbasis internet besar paling baru yang ikut terjun di pangsa pasar daily deals yang dipelopori Groupon.

Pekan lalu, Google pun mulai memasarkan layanan daily deals-nya yang dinamakan Offers ke para pengguna di Portland dan Oregon. Rencananya, Offers segera berekspansi ke San Francisco dan New York.

Selain Google, ada juga Amazon.com yang turut bermain di kancah ini. Retailer online ini rela menginvestasikan USD 175 juta untuk layanan LivingSocial Desember silam.

Sebagai jejaring sosial nomor satu di dunia, analis memperkirakan interaksi sosial yang menjadi ciri khas Facebook akan mendukung layanan ini dan membedakannya dengan perusahaan lain yang menawarkan layanan serupa.

Adapun kupon atau tiket yang disediakan Deals di Facebook secara spesifik akan lebih membidik 'group activities' ketimbang pengguna individual. Misalnya, menawarkan paket wisata rafting dan arung jeram bagi grup pecinta alam di Facebook ketimbang menawarkan diskon celana jeans bagi pengguna tertentu.

http://www.detikinet.com/read/2011/04/28/073551/1627205/398/facebook-saingi-groupon