Rabu, 04 Mei 2011

Inilah 5 Mobil Koleksi Pribadi Pangeran William

William Arthur Philip Louis Windsor atau Pangeran William langsung menjadi perhatian dunia sesaat setelah menikahi Kate Middleton, Jumat, 29 April lalu. Masyarakat pun seolah ingin mengetahui segala hal yang berkaitan dengan pangeran kelahiran 21 Juni 1982 itu, tak terkecuali hobinya. Maklum, seperti sang ayah, Pangeran Charles, William ternyata juga memiliki kegemaran mengoleksi mobil.

Menariknya, tak semua mobil koleksi pangeran yang kini bergelar Duke of Cambridge itu merupakan mobil kelas mewah. Mobil kategori biasa pun menempati daftar mobil miliknya.

Lantas mobil apa saja yang menjadi kesukaan sang pangeran? Laman zhigweel.com, yang mengutip berbagai sumber menulis sedikitnya lima mobil.

Kelima mobil tersebut adalah:

1. Audi R8

Sedan mewah besutan Audi AG, Jerman, berwarna biru tua adalah satu di antara mobil kesukaan William. Sedan supercar bermesin 5.200cc V10 FSI Quattro dibuat oleh tim khusus bernama Silverliner.

Mereka terdiri dari insinyur, ahli mesin, dan desainer Audi yang sudah bekerja puluhan tahun.

Mesin yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga hingga 525 daya kuda pada 8000 rpm dan torsi 530 Newton meter (Nm) pada 6.500 rpm. Berkat tenaga itu, mobil ini mampu melesat dari kondisi diam menuju 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 3,9 detik. Bahkan mampu melesat hingga 316 kpj.

Audi membanderol model andalannya itu mulai US$ 146.000 atau sekitar Rp 1,3 miliar.


2. Jaguar XJ

Sedan mewah produksi Jaguar and Land Rover, Inggris itu, Januari lalu dinobatkan sebagai Best Luxury Car oleh pembaca majalah otomotif Inggris, BusinessCar.

Sedan berbodi dari bahan paduan antara aluminum, magnesium, dan composite alloys itu diklaim memiliki bobot paling ringan di kelasnya. Walhasil, konsumsi bahan bakarnya pun irit.

Jaguar menawarkan XJ dengan empat pilihan mesin, termasuk mesin 5.000 cc AJ-V8 yang diperkuat dengan twin sequential turbocharger. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 500 daya kuda.

Tenaga itu mampu menjadikan XJ berakselerasi dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 4.9 detik.


3. Volkswagen Golf

Mobil hatchback asal Jerman itu juga menjadi salah satu koleksi William. Varian yang menjadi kesukaan sang pangeran adalah tipe bermesin diesel 1.600 cc commonrail.

Mesin itu mampu menghasilkan tenaga hingga 104 daya kuda dan torsi 250 Nm.


4. Vauxhall Omega

Pangeran William mengoleksi varian bermesin diesel 2.500 cc enam silinder dari beberapa varian saloon mewah tersebut.


5. MG ZR

MG ZR merupakan merupakan super mini yang besutan MG Rover, Inggris. Mobil ini diproduksi pada 2001–2005 di pabrik Longbridge yang terletak di Birmingham. Selain memiliki tenaga yang garang, peranti suspensinya diklaim menawarkan kenyamanan yang lebih.

Varian bermesin 2.000 cc merupakan pilihan Pangeran William. Varian ini bertenaga 111 daya kuda dan torsi 260 Nm.

Berbekal tenaga itu, MG ZR mampu berakselerasi dari 0–100 kpj hanya dalam waktu 9,1 detik. Berkat tenaga itu pula, mobil ini mampu melesat hingga 187 kpj.