Rabu, 04 Mei 2011

Motor Listrik Yamaha Ikut MotoGP


Meski tidak bisa ngebut secepat MotoGP, motor listrik Yamaha EC-03 bakal punya tugas baru di balapan motor paling bergengsi itu. Yakni menjadi skuter resmi di paddock untuk musim balapan 2011.

Seperti dilansir situs resmi MotoGP, Rabu (4/5/2011), Yamaha Motor Eropa dan Dorna Sports, pemegang hak siar TV dan iklan untuk FIM MotoGP World Championship, sudah mengumumkan hal itu.

Yamaha EC-03 akan menjadi skuter resmi MotoGP bersama skuter Yamaha JogRR MotoGP yang sudah lebih dulu lalu lalang di balapan Moto GP.

Setiap unit motor listrik ini akan dilengkapi dengan logo dan desain grafis khusus yang melambangkan perannya sebagai motor resmi MotoGP. Ketika balapan MotoGp digelar di Sirkuit Estoril, Portugal motor ini sudah terlihat.

"Pengenalan EC-03 ke paddock MotoGP ini mencerminkan komitmen kami untuk masa depan yang lebih hijau," tutur Raffaella Pasquino, Marketing Manager, Yamaha Motor Europe.

Apa sih spesifikasi EC-03? EC-03 diperkuat dengan baterai lithium ino 50V yang diproduksi oleh Sanyo. Motor ini berlari dengan menggunakan Yamaha Integrated Power Unit (YIPU).

YIPU ini terdiri dari brushless DC motor, control unit, planetary gear transmission dan drum brake yang terintegrasi dengan roda 12-inci.

YIPU menghasilkan daya 1.9 hp di 2.550 rpm dan memiliki torsi maksimum 9,6 Nm di 280 rpm. Yamaha mengklaim motor ini bisa melaju sampai 43 km dengan sekali isi baterai selama 6 jam dan memiliki kecepatan maksimum 30 km per jam.

Meski begitu, bobot motor ini mencapai 56 kg, 30 persen lebih ringan dari motor skuter mesin 50 cc. Yamaha EC-03 sempat dibawa Yamaha ke Jakarta Motorcycle Show beberapa waktu lalu. Pengunjung pun antre untuk mencoba motor listrik kecil ini.

Dan kami pun tidak melewatkan untuk mencobanya. Yamaha EC-03 terasa kecil sebab motor ini hanya memiliki dimensi 1.565X600X990 mm (PxLxT) saja dengan wheel base 1.080 mm.

Pengendaranya pun tidak akan kesulitan menaiki kendaraan ini sebab ground
clearance Yamaha EC-03 hanya 110 mm